Minggu, 03 Juli 2016

Osmanlı Tokadı: Tamparan Utsmani, salah satu teknik terkenal dalam seni bela diri Turki

Ouch
Ottoman slap

Tamparan Utsmani?? Apa itu?

Dikisahkan, tamparan Utsmani dalam bahasa aslinya, Osmanlı tokadı, adalah teknik menampar menggunakan tangan kosong yang dipakai tentara Utsmani. Konon, tamparan ini bisa mematikan, jika tidak menyebabkan cedera permanen pada wajah si korban yang sedang sial. Tamparan berat ini menghasilkan suara keras yang dapat didengar oleh orang-orang di sekitarnya.

Dalam budaya Turki Utsmani, penggunaan tinju dalam perkelahian dipandang rendah dan orang yang menyerang dengan tinjunya akan dipermalukan di dalam masyarakat. Berbeda dengan budaya barat yang menganggap bahwa menampar adalah hal yang lebih umum dilakukan oleh perempuan.


Teknik ini dahulu digunakan oleh pasukan-pasukan khusus tentara Utsmani: AzabDeliler, dan Yanisari. Namun, teknik ini lebih banyak diasosiasikan dengan tentara Azab ("the bachelor"), yang dibentuk dari kumpulan sukarelawan pria lajang berumur 20-25 tahun. Mereka tidak bersenjata berat karena memang tugas utama mereka adalah mengalihkan perhatian musuh. Biasanya mereka hanya dilengkapi dengan perisai. Setelah mereka menyerang, mereka mundur dan digantikan oleh tentara reguler dan profesional.

Teknik menampar ala Ottoman

Teknik ini dilatih dengan menampar marmer, tanah liat dan kulit secara terus menerus. Setelah beberapa waktu permukaan tangan akan melebar, menjadi sangat keras dan kapalan, sehingga memungkinkan untuk memberikan tamparan dahsyat yang dapat menyebabkan gegar otak atau bahkan mematahkan leher musuh.

Dengan tangan terbuka, lawan dipukul di bagian pipi dan hidung, mematahkannya dan bagian-bagian tulang akan memasuki otak dan bagian frontal. Senjata tempur ini juga digunakan pada pasukan berkuda dengan memukul kudanya. Tempat-tempat ekskavasi telah menyingkapkan banyak tengkorak pecah sebagai bukti akan mematikannya tamparan Ottoman ini.


Sumber :

1. http://www.allempires.com/forum/forum_posts.asp?TID=7508
2. http://defence.pk/threads/the-ottoman-slap-osmanl%C4%B1-tokad%C4%B1.302375/
3. http://drownedinsound.com/community/boards/social/4157994
4. http://www.ilgincbirbilgi.com/ilginc-bilgiler/osmanli-tokadi-hakkinda-ilginc-bilgiler.html
5. http://www.liveleak.com/view?i=a55_1391895012
6. http://ottomanempire1453.com/index.php/2015/10/18/ottoman-slap/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar